Berbagi Cara dan Koleksi Software Gratis

Membuat Access Point di Windows8

Saat posting ini dibuat, belum ada software untuk membuat windows 8 menjadi atau sebagai Access Point buat share koneksi internet ke perangkat yang mempunyai WiFi, Sementara pada windows 7 kita selalu bisa menggunakan WiFi HotSpot atau Connectify untuk membuat hotspot WiFi. Kali ini ane mau share buat sobat Gennagasoft "Cara membuat Wifi Hotspot di Windows 8 pada laptop". Prosedur untuk membuat hotspot pada Windows 8 sedikit berbeda dengan Windows 7. Ketika ane nyoba untuk melakukannya pada laptop ane dengan OS Windows 8, ane melihat kalau pengaturan buat bikin jaringan ad hoc melalui Network and Sharing Center ga ada. Lalu satu-satunya jalan untuk membuat ad-hoc adalah dengan menggunakan utilitas netsh.

Berikut beberapa langkahnya:

Untuk memulai, Anda harus memulai perintah pertama sebagai administrator.
-Buka Win + X pada menu dan pilih Command Prompt (Admin). Windows CMD akan terbuka.
-Ketik command berikut dan tekan Enter:
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=GennagaNet key=abcde12345
Keterangan : GennagaNet adalah nama access point dan abcd1234 adalah passwordnya


Selanjutnya, ketik kode berikut di windows CMD dan tekan Enter: 
 netsh wlan start hostednetwork

Sobat dapat melihat yang baru dibuat GennagaNet (Koneksi Local Area 13) di sini. Klik kanan pada koneksi yang sedang Anda gunakan (dalam kasus ane  ZTE Wireless Terminal) untuk terhubung ke Internet dan pilih Properties

Klik pada tab Sharing di kotak Properties ZTE dan pilih Izinkan pengguna jaringan lain untuk terhubung melalui koneksi internet komputer . Di bawah koneksi jaringan Depan, dari menu drop-down, ane memilih Koneksi Local Area 13 dan klik OK.

Selesai !!

Sobat bisa berbagi koneksi internet dan menciptakan hotspot Wi-Fi dari laptop Windows 8 sobat untuk digunakan bersama teman-teman atau keluarga sobat.
Untuk mengkonfirmasi hotspot yang udah ane buat, ane coba buka menu Settings pada Samsung GT-S5570 milik ane, pilih Wi-Fi, dan pilih jaringan yg telah dibuat lalu masukkan password yang telah ditentukan tadi.

Sepertinya banyak dari beberapa sobat yang saat mencoba mengetik :
“ netsh wlan start hostednetwork “ pada Command Prompt (Admin) keluar tulisan seperti : "The hosted network couldn't be started". Berikut ane coba memberikan beberapa solusi terkait permasalahan tersebut. Solusi ini ane berikan menurut pengetahuan yang udah ane dapat dari beberapa referensi dari internet, jadi kalau sobat sekalian merasa cara yang ane berikan ini kurang benar, atau mungkin punya solusi yang lebih baik, silahkan berkomentar pada form yang sudah ane sediain dibawah postingan ini.. :)

Berikut beberapa solusi untuk memperbaiki masalah tersebut : 

Problem Solving 1 : 
Cek apakah WiFi sobat sudah menyala atau belum. Hal ini yang paling penting sebelum menuju ke problem solving yang selanjutnya.

Problem Solving 2 : Silahkan melakukan update driver module WiFi sobat ke versi yang terbaru. Untuk mengecek apakah driver WiFi kita sudah update atau belum adalah dengan masuk ke dalam direktori "Internet Connections" , klik properties pada WiFi dan klik Configure.

Problem Solving 3 : Coba buka Control Panel, masuk ke bagian "Device manager", dan langsung cari "Network Adapters". Disitu pasti sobat akan menemukan "Virtual wifi adapter" atau sejenisnya, klik kanan disitu, lalu klik "Enable". Setelah semua selesai, coba buka Command Prompt (Admin) lagi, dan coba jalankan lagi perintah "netsh wlan start hostednetwork", biasanya problem tersebut sudah hilang.

Problem Solving 4 : Jika saat mencoba membuat WiFi Hotspot ini sobat menggunakan koneksi internet melalui melalui WiFi yag tersambung ke WiFi Hotspot, sebaiknya koneksi tersebut HARUS diputus bukan WiFi nya yang dimatikan, hal ini dilakukan agar pembuatan server (ad-hoc) berhasil. Karena pada saat ane mencoba proses pembuatan WiFi Hotspot ini, koneksi WiFi ane dalam keadaan tidak tersambung ke jaringan manapun.

Problem Solving 4 : "An error occurred while internet connection sharing is being enabled (null)"
* Masuk ke jendela Service (Local) dengan menekan kombinasi tombol WINDOWS+R
* Ketik "services.msc" tanpa tanda petik
* Kemudian START servis-servis dibawah ini
- Application Layer Gateway Service
- Network Connections
- Network Location Awareness (NLA)
- Plug And Play
- Remote Access Auto Connection Manager
- Remote Access Connection Manager
- Remote Procedure Call (RPC)
- Telephony
- Windows Firewall (ubah menjadi disabled),
Just to make my PC faster since I already have Avast Internet Security. scrolled down for Windows Firewall, hit start, then poof! I could now share the internet connection to my loopback adapter

Semoga berguna,.. :)
Back To Top